PEMANTAUAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN 1441 H / 2020 M

PEMANTAUAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN 1441 H / 2020 M

 

BANYUMAS, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, melakukan monitoring kegiatan pemotongan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H di sejumlah tempat untuk memastikan hewan kurban dengan keadaan sehat dan layak konsumsi selama  3 hari dari Jum’at (31/07/2020) sampai Minggu (02/08/2020)

“Kegiatan monitoring pemotongan ini meruapakan kegiatan yang digendagan rutin setiap tahun oleh Dinas guna untuk memastikan hewan dan dagingnya dalam kondisi sehat dan layak konsumsi serta memastikan proses pemotongan daging hewannya sesuai standar kesehatan.

Pemantauan ini juga untuk melihat kondisi lingkungan saat dilakukan pemotongan apakah sesuai dengan prosedur kesehatan covid-19 yaitu, wajib pakai masker, Jaga jarak, disediakan tempat cuci tangan pakai sabun untuk Petugas Pemotongan kurban.

Dari hasil monitoring di 331 kelurahan/desa se-Kabupaten Banyumas, di temukan sejumlah kasus cacing hati pada hewan kurban, yaitu hati dalam kondisi rusak dan tidak layak konsumsi. Salah satunya di kecamatan Rawalo dan Kecamatan Sumbang.

Untuk kemasan daging, masyarakat sudah sadar untuk menggunakan kemasan plastik bening, dan ada beberapa lokasi yang menggunakan kemasan ramah lingkungan yakni menggunakan besek atau piti. Data hewan kurban sementara yang masuk per tanggal 03 Agustus 2020, Sapi 4.006 ekor, Kambing : 7.852 ekor, Domba : 392 ekor, dan Kerbau : 2 ekor.

Related Posts

Komentar